Pemahaman karier adalah siswa dapat memahami dan menelaah tentang potensi yang dimiliki yang sesuai dengan karier yang akan di tempuh di perguruan tinggi agar terhindar dari dampak buruk kurangnya pemahaman akan karier.Siswa kurang memahami tentang definisi perguruan tinggi, alur masuk perguruan tinggi dan jurusan/program studi yang ada di perguruan tinggiJenis penelitian ini adalah eksperimerntal dengan desain “one group pretest-posttest design “. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X IPS 1 SMAN 4 Palangka Raya yang berjumlah 32 siswa dengan teknik sampling menggunakan sampling quota. Alat pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan angket dengan menggunakan tes awal (pretest) dan tes akhir (posttes). Data dianalisis dengan menggunakan Uji paired-sampel t-test menggunakan SPSS 25 for windows. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa nilai t hitung 24.002 > t tabel 1,697 dengan menggunakan uji Paired-sampel T-test. Maka hipotesis Ho ditolah dan Ha diterima. Juga dapat di buktikan dengan adanya peningkatan pemahaman karier siswa melalui pemberian angket Pre-test dan Post-tes. Kelompok kategori yang awalnya “rendah” (15,62) meningkat menjadi kategori “tinggi” (41,81). Hal ini menunjukkan bahwa “layanan bimbingan klasikal dengan model PJBL(project base learning) berbasis pohon karier efektif untuk meningkatkan pemahaman karier siswa Kelas X IPS SMA Negeri 4 Palangka Raya
Copyrights © 2023