Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis pre-eksperimental yang bertujuan untuk mengetahui gambaran kemandirian belajar siswa kelas IV SDN 117 Inpres Kurusumange Kecamatan Tanralili Kabupaten Maros serta pengaruh pemberian reinforcement terhadap kemandirian belajar siswa kelas IV SDN 117 Inpres Kurusumange Kecamatan Tanralili Kabupaten Maros. Variabel dalam penelitian ini adalah pemberian reinforcement (variabel bebas) dan kemandirian belajar siswa (variabel terikat). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 117 Inpres Kurusumange berjumlah 40 orang siswa. Data hasil penelitian diperoleh dengan membagikan angket gambaran motivasi belajar siswa dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data berupa angket. Teknik analisis data yaitu dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial menggunakan One Group Pretest Posttest Design. Berdasarkan hasil statistik deskriptif diperoleh nilai presentase pretest kemandirian belajar siswa sebesar 37,5% pada kategori rendah sedangkan nilai presentase posttest kemandirian belajar siswa sebesar 37,5% pada kategori sedang. kesimpulan dalam penelitian ini adalah: (1) Terdapat perbedaan kemandirian belajar siswa kelas IV SDN 117 Inpres Kurusumange sebelum dan setelah pemberian reinforcement, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan pemberian reinforcement terhadap kemandirian belajar siswa kelas IV SDN 117 Inpres Kurusumange
Copyrights © 2023