Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi (JIKAP)
Vol 7, No 3 (2023): Mei

Pengaruh kesadaran diri dan lingkungan teman sebaya terhadap kedisiplinan mahasiswa PAP FKIP UNS

Risti Yuliana (Sebelas Maret University)
Hery Sawiji (Sebelas Maret University)
Patni Ninghardjanti (Sebelas Maret University)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2023

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesadaran diri dan lingkungan teman sebaya secara parsial dan simultan terhadap tingkat kedisiplinan mahasiswa. Penelitian kuantitatif ini menggunakan metode deskriptif korelasional. Pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional stratified random sampling dan menghasilkan 60 siswa sebagai sampel. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dan menggunakan IBM SPSS ver. 25.0. hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) X1 berpengaruh secara parsial terhadap Y (thitung 2,122 > ttabel 2,002) dengan nilai signifikansi sebesar 0,038; 2) X2 berpengaruh secara parsial terhadap Y (thitung 2,245 > ttabel 2,002) dengan nilai signifikansi sebesar 0,029; 3) X1 dan X2 secara simultan mempengaruhi Y (Fhitung 7,487 > Ftabel 3,159) dengan nilai signifikansi sebesar 0,001. Hasil penelitian menunjukkan signifikansi ganda X1 dan X2 terhadap Y dipengaruhi sebesar 20,8% dan sisanya sebesar 79,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dieksplorasi dalam penelitian ini.Kata kunci: ketertiban akademik mahasiswa; lingkungan pergaulan; pemahaman diriAbstract: This research aimed to investigate the partial and simultaneous effects of self-awareness and peer environment on the disciplinary level of college students. This quantitative study used the correlational descriptive method. The sampling used a proportionate stratified random sampling technique and resulted in 60 students as the sample. The data collection employed a questionnaire. The data analysis used multiple linear regression and utilized IBM SPSS ver. 25.0. the result of the study revealed that: 1) X1 partially affected Y (tcount 2,122 > ttable 2,002) with a significance value of 0,038; 2) X2 partially affected Y (tcount 2,245 > ttable 2,002) with a significance value of 0,029; 3) X1 and X2 simultaneously affected Y (Fcount 7,487 > Ftable 3,159) with a significance value of 0,001. The result of this study showed the multiple significance of X1 and X2 towards Y was affected by 20,8% value and the rest of 79,2% was affected by the other variables that were not explored in this study.Keywords: college students’ discipline; peer environment; self-awareness

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIKAP

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JIKAP (Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran) berisi artikel tentang hasil pemikiran dan hasil penelitian di bidang bidang komunikasi, administrasi perkantoran dan ...