Dewasa ini pendidikan anak usia dini sudah menjadi wadah yang dibutuhkan dan berkontribusi besar dalam mempersiapkan anak memasuki jenjang pendidikan dasar. Meskipun secara konsepnya pendidikan anak usia dini termasuk pendidikan nonformal, namun pendidikan ini dalam undangundang terdapat pendidikan formal, nonformal dan informal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen pendidikan yang dilakukan TK Al-Amin Keban Agung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan yang bersifat kualitatif. Subjek dalam penelitian yaitu: Kepala sekolah, guru PAUD, dan wali siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pendidkan anak usia dini: Pertama, tahap perencanaan program di lembaga TK Al-Amin Keban Agung, secara umum telah disusun dengan baik, terlihat dari adanya perencanaan program kegiatan pendidikan anak usia dini dengan menyusun rencana kegiatan sesuai ketentuan yang ditetapkan dengan melibatkan komite sekolah. Kedua, tahap pengorganisasian di TK Al-Amin Keban Agung, secara umum telah mencerminkan suatu relevansi antara kemampuan dan keterampilan personil dengan kebutuhan pendidikan anak usia dini terlihat dari tersedianya 5 orang pendidik dan 2 orang tenaga kependidikan yang memadai. Ketiga, tahap pelaksanaan pendidikan di TK Al-Amin Keban Agung diarahkan pada proses pembelajaran berjalan dengan cukup baik, efektif dan menyenangkan, hal ini terlihat dari kreatifitas pendidik dalam melaksanakan belajar sambil bermain, serta kegiatan parenting yang melibatkan komite sekolah. Keempat, tahap pengawasan yang dilakukan dengan dua sistem pengawasan terdiri dari pengawasan dari atasan langsung yaitu Kepala Sekolah TK Al-Amin Keban Agung dan pengawasan fungsional yaitu penilik Pendidikan anak usia dini.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023