Jurnal Ilmu Tarbiyah
Vol 1 No 2 (2022): Jurnal Ilmu Tarbiyah

Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa/Berbicara Melalui Metode Bernyanyi Di Kelompok A Pada Paud Teratai, Kecamatan Kemis, Tangerang

Ajeng Ninda Uminar (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus)
Nida’ul Munafiah (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Isabella Imelda (Universitas Terbuka)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Perkembangan bicara merupakan suatu proses yang mengembangkan kemampuan seseorang dalam memahami dan melafalkan kata, karena itu guru TK harus mengembangkan metode pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan berbicara sesuai dengan karakteristiknya.Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbahasa/berbicara dapat dilakukan melalui metode bernyanyi di PAUD Teratai, Kecamatan Kemis, kota Tangerang.kegiatan penelitian dilakukan dengan metode PTK (penelitian tindakan kelas) dengan sample 7 anak usia 4 – 5 tahun yang terdiri dari 5 anak perempuan dan 2 anak laki – laki di PAUD Teratai. Berdasarkan hasil .pelaksanaan pada siklus 1 terdapat hasil pencapaian kemampuan berbahasa/berbicara anak usia 4 – 5 tahun pada kelompok A PAUD Teratai sebanyak 37,14% anak dengan capaian kemampuan BB, 17,14 anak dengan capaian kemampuan MB dan 45,71% anak dengan capaian kemampuan BSH kemudian pada siklus 2 meningkat menjadi 2.85% anak dengan capaian kemampuan BB, 28,57 anak dengan capaian MB dan 68,57 anak dengan kemampuan BSH, sehingga penggunaan metode bernyanyi dapat dikatakan berhasil dalam meningkatkan kemampuan bahasa anak dalam kemampuan berbicara anak pada usia 4 – 5 tahun di kelompok A PAUD Teratai.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIT

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Jurnal Ilmu Tarbiyah is a periodic scientific journal published by the STIT Tanggamus. This journal specializes in the study of Islamic education and research. This journal invites scientists, scholars, professionals, and researchers in the field of Islamic education in the form of article ...