Indonesian Journal of Physical Activity
Vol. 3 No. 1 (2023): November-April

Penerapan Model Pembelajaran Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Sepak Bola Siswa Kelas VIII A MTS Muhammadiyah Takwa Bontonompo Kabupaten Gowa

Ramayanto, Nardi (Unknown)
Rusli, Kurnia (Unknown)
Ismail, Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar Passing melalui Metode Kooperatif tipe stad dalam permainan sepak bola siswa kelas VIII A MTS Muhammadiyah Takwa Bontonompo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sampel pada penelitian ini berjumlah 37 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik observasi pada RPP. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah PTK. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang berdasarkan pada RPP. Teknik analisis data menggunakan metode pembelajaran Kooperatif Tipe Stad yang dilihat dari aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotor. Berdasarkan hasil observasi pada siklus I hasil belajar passing dalam kategori tuntas adalah sebanyak 15 siswa dengan presentase 40%, kemudian pada siklus II terjadi peningkatan presentase hasil belajar passing dalam kategori tuntas adalah sebanyak 31 siswa dengan presentase 84%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pendidikan jasmani melalui upaya meningkatkan hasil belajar passing dengan metode pembelajaran Kooperatif Tipe Stad dalam permainan sepak bola dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas VIII A MTS Muhammadiyah Takwa Bontonompo.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ijophya

Publisher

Subject

Education Other

Description

Indonesian Journal of Physical Activity (IJOPHYA) is a national scientific journals are open to seeking innovation, creativity and novelty. The aim of the journal is to facilitate scientific publication of the results of researches in Indonesia and participate to boost the quality and quantity of ...