Journal of Early Childhood Education Studies
Vol 2 No 2 (2022): Desember

Implementasi Metode Mengulang Kata Terhadap Anak Speech Delay (Terlambat Bicara) (Study Kasus di KB Nurul Jadid Padukoan Desa Alaskokon Kecamatan Modung Kabupaten Bangkalan)

Azis, Abd. (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2023

Abstract

Mengembangkan kemampuan berbahasa anak menjadi hal penting yang harus dilakukan. Salah satunya kemampuan anak untuk berbicara, berbicara merupakan cara yang dilakukan oleh manusia untuk berkomunikasi dan berbagi informasi. Kemampuan berbicara anak harus dilatih dan dikembangkan secara maksimal untuk mempermudah anak dalam belajar dan bersosialisasi. Namun ada beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan berbahasa anak salah satunya yaitu speech delay (keterlambatan bicara) yang disebabkan kurangnya stimulus bahasa. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan penggunaan metode mengulang kata. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui proses penggunaan metode mengulang kata dalam menangani anak speech delay (keterlambatan bicara). Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di KB Nurul Jadid Padukoan Alaskokon Modung. Dengan subjek penelitian meliputi, Pengelola, guru, dan orang tua anak speech delay KB Nurul Jadid Padukoan Alaskokon Modung. Diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses penelitian ini menggambarkan usaha yang dilakukan oleh pendidik dalam penanganan anak speech delay (keterlambatan bicara) yaitu dengan menggunakan metode mengulang kata.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

joeces

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Physics

Description

Studi Pendidikan Anak Usia Dini yang diterbitkan oleh Prodi PIAUD Sekolah Tinggi Agama Islam Yayasan Pendidikan Bakti Wanita Islam ( STAI YPBWI) Surabaya. Terbit dua kali dalam setahun: Juni dan Desember. Jurnal ini memuat tulisan hasil studi tentang Pendidikan Anak Usia Dini dengan perspektif ...