Prapanca : Jurnal Abdimas
Vol. 1 No. 1 (2021): Prapanca: Jurnal Abdimas

Pengembangan Digital Branding Kampung Hidropononik Medokan Ayu Surabaya

Jokhanan Kristiyono (Unknown)
Muhammad Reza Patriagama (Stikosa-AWS)
Adi Atma (Stikosa-AWS)
Indra Septyan (Stikosa-AWS)
Rizal Hanafi (Stikosa-AWS)
Habib Syahrul Asrori (Stikosa-AWS)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2021

Abstract

Produk unggulan Kampung Hidroponik Medokan Ayu saat ini hanya dikenal secara lokal daerah sekitar Kecamatan Rungkut Surabaya. Kegigihan masyarakat Kampung Hidroponik Medokan Ayu Surabaya untuk merawat dan mengembangkan tanaman tersebut, sangat disayangkan apabila hanya dikenal oleh warga sekitar saja. Perlu adanya pengenalan produk unggulan kepada masyarakat yang lebih luas. Dengan adanya dukungan internet dan jejaring masyarakat informasi, maka produk unggulan dari Kampung Hidroponik tersebut dapat dikenal jauh lebih luas. Metode yang digunakan dalam pemecahan permasalahan pada pengembangan branding produk unggulan Kampung Hidroponik Medokan Ayu Surabaya ini merupakan dalam bentuk pelaksanaan pengabdian masyarakat berbasis riset. Ada 2 (dua) tahapan dalam metode pelaksanaan yaitu pertama adalah riset dan kedua adalah pelaksanaan kegiatan berbasis riset. Riset yang dilakukan adalah riset produk dengan observasi produsen dan konsumen sebagai target pasar produk sayuran dari Kampung Hidroponik Medokan Ayu Surabaya. Berikutnya adalah pengelolaan data hasil riset pada tahap pertama menjadi dasar pelaksanaan pengembangan branding produk Kampung Hidroponik Medokan Ayu. Melalui 9 (Sembilan) program pengabdian masyrakat ini bertujuan untuk pengembangan branding melalui sosial media, maka informasi tentang produk unggulan hidroponik dari Medokan Ayu ini dapat dikenal pada seluruh penduduk Kota Surabaya secara lokal, masyarakat Indonesia secara nasional hingga mancanegara secara global. Hasilnya, 9 program kerja yang sudah terlaksana, terdapat 2 (dua) program yang tidak dapat terlaksana dengan optimal, yaitu pembuatan kemasan dan sosialisasi media digital untuk masyarakat kampung Hidroponik Medokan Ayu. Ini dikarenakan terjadi pandemic Covid-19 kota Surabaya harus melakukan protokol kesehatan dengan batasan kegiatan yang mengumpulkan massa, maka kegiatan sosialisasi dan pendampingan penggunaan media digital sebagai media digital branding belum terlaksana dengan optimal. Tetapi hal itu tidak menjadi kendala, akhirnya pelaksanaannya dilakukan secara daring (dalam jaringan) melalui medium Google Meet dan video tutorial.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

prapanca

Publisher

Subject

Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Prapanca : Jurnal Abdimas merupakan jurnal ilmiah multidisiplin yang menyajikan implementasi ilmu dan teknologi dalam menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat. Tujuan dari adanya jurnal ini adalah untuk menyebarluaskan gagasan dan hasil pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh perguruan ...