Data kunjungan pasien di UPTD Puskesmas Sawit Boyolali pada tahun 2021 menunjukkanjumlah kunjungan pasien sebanyak 10.042 orang pasien, namun jika dilihat tren kunjungan pasienselama satu tahun cenderung menurun. Artinya ada hal yang menyebabkan kepuasan pasienterhadap mutu pelayanan menurun. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan hubungan mutupelayanan terhadap kepuasan pasien pada pelayanan pendaftaran rawat jalan di UPTDPuskesmas Sawit Boyolali. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional, dengansampel sejumlah 95 pasien. Pengambilan data diperoleh melalui kuesioner yang telah diujivaliditas dan reliabilitasnya. Data yang di dapatkan, diuji dengan uji Kendall Tau.Hasil ujistatistik Kendall Tau diperoleh nilai signifikasi dri masing-masing variabel 0,0001 untukreliability, 0,0001 untuk responsiveness, 0,0001 untuk aasurance, 0,0001 untuk empathy dan0,0001 untuk tangible. Dari analisis data diketahui bahwa variabel dimensi mutu pelayananmempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pasien rawat jalan. Diharapkan UPTDPuskesmas Sawit Boyolali lebih meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan kepada pasienagar mutu pelayanan dapat bertahan dan meningkat.
Copyrights © 2022