Abstrak. Pandemi Covid-19 membawa dampak yang cukup besar dalam berbagai bidang salah satunya di bidang pendidikan. Adanya pandemi ini mendorong pemerintah untuk mengeluarkan kebijakan tentang pelaksanaan pembelajaran di Indonesia dengan menerapkan pembelajaran secara daring atau jarak jauh. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripkan segala bentuk tindakan yang dilakukan oleh subjek yang diteliti dalam melaksanakan pembelajaran daring. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan dokumentasi dengan menggunakan triangulasi metode sebagai pemeriksaan keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran daring yang dilakukan guru di UPT SD Negeri 5 Tanrutedong Kecamatan Duapitue Kabupaten Sidenreng Rappang yaitu guru memilih whatsapp sebagai aplikasi yang digunakan untuk berkomunikasi dengan peserta didik. Selanjutnya guru tetap membuat perencanaan dengan membuat RPP, merancang strategi pembelajaran serta selalu melakukan komunikasi dengan kepala sekolah dan orang tua peserta didik untuk kelancaran proses pembelajaran daring. Sarana dan prasarana penunjang pembelajaran juga sudah mendukung pelaksanaan pembelajaran daring selain itu guru juga menggunakan desain pembelajaran dengan memanfaatkan media berupa video pembelajaran yang dikirim melalui grup whatsapp masing-masing kelas serta metode penugasan dalam pembelajaran. Pengawasan juga dilakukan guru dengan memantau peserta didik melalui grup Whatsapp serta melakukan evaluasi untuk mengetahui pencapaian kompetensi peserta didik. Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19, Manajemen Pendidikan
Copyrights © 2021