Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh dari metode bermain peran mikro terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di Dusun Aikprapa Kecamatan Aikmel tahun 2021. Jenis penelitian ini kuantitatif komparatif. Menggunakan metode eksperiment yaitu pre eksperimental design dengan bentuk group pretest–posttest design. Subjek penelitian 8 orang anak usia 5-6 tahun, teknik pengumpulan data menggunakan pemberian treatment, observasi menggunakan instrumen penelitian, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode statistik non-parametris dan uji Wilcoxon. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di Dusun Aikprapa Kecamatan Aikmel sebelum diberikan perlakuan menggunakan metode bermain peran mikro diperoleh hasil pre-test anak dengan skor rata-rata 53,62% yaitu perkembangan kognitif anak berada pada kriteria kurang berkembang. Setelah diberikan perlakuan menggunakan metode bermain peran dapat diperoleh data post-test dengan skor rata-rata 85,12% yaitu perkembangan kognitif anak berada pada kriteria cukup berkembang. Hasil Whitung = 6 dan Wtabel = 0, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode bermain peran mikro terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di dusun Aikprapa kecamatan Aikmel tahun 2021.
Copyrights © 2022