JS (Jurnal Sekolah)
Vol 2, No 4 (2018): SEPTEMBER 2018

PENGEMBANGAN MEDIA BLACK BOX PADA MODEL PEMBELAJARAN CTL MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR

Durrotun Nafisah (Prodi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang)
Henry Januar Saputra (Prodi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang)
Mei Fita Asri Untari (Prodi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2018

Abstract

Abstrak : Pengembangan Media Black Box Pada Model Pembelajaran CTL Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Tujuan peneliti melakukan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media Black Box pada model pembelajaran CTL mata pelajaran matematika kelas V SD. Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian ini yaitu metode penelitian RnD (Research & Development) menurut Borg and Gall. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 1 Pandan, seluruh siswa kelas V SDN 2 Pandan, dan seluruh siswa kelas V MIN 2 Rembang. Data hasil analisis tanggapan guru terhadap media black box yaitu 85% yang artinya sangat layak digunakan. Jadi media Black Box layak untuk digunakan dalam pembelajaran Matematika materi bangun ruang pada kelas V sekolah dasar dan dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam kegiatan belajar mengajar.Kata Kunci : Penelitian RnD, Model Pembelajaran CTL, Media Pembelajaran

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

js

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

JS (Jurnal Sekolah) berisi artikel yang berkaitan dengan pendidikan, yang meliputi pembelajaran, hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. JS (Jurnal Sekolah), dikelola oleh Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan. JS (Jurnal Sekolah) ...