JS (Jurnal Sekolah)
Vol 2, No 1 (2017): Desember 2017

KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA KESEIMBANGAN EKOSISTEM SISWA KELAS V SD

Oka Harmas Theana (Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Universitas PGRI Semarang)
Ary Susatyo Nugroho (Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Universitas PGRI Semarang)
Eka Sari Setianingsih (Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2018

Abstract

Abstrak : Keefektifan Model Pembelajaran Time Token Terhadap Hasil Belajar Subtema Keseimbangan Ekosistem Siswa Kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Candi 03 Semarang pada kelas V yang berjumlah 30 siswa dengan teknik pengambilan sampel jenuh. Berdasarkan hasil analisis data penelitian setelah mendapatkan perlakuan menunjukan bahwa hasil belajar pada pembelajaran subtema 3 keseimbangan ekosistem menggunakan model Time Token dapat meningkat. Hasil analisis dengan menggunakan uji t diperoleh nilai thitung = 12,835 dengan taraf signifikan 5% didapat nilai ttabel = 2,001, karena thitung (12,835) > ttabel (2,001),Kata Kunci : Model Time Token, Hasil Belajar, Keseimbangan Ekosistem

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

js

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

JS (Jurnal Sekolah) berisi artikel yang berkaitan dengan pendidikan, yang meliputi pembelajaran, hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. JS (Jurnal Sekolah), dikelola oleh Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan. JS (Jurnal Sekolah) ...