JS (Jurnal Sekolah)
Vol 7, No 1 (2022): DESEMBER 2022

ANALISIS KESULITAN BELAJAR MEMBACA DAN MENULIS PESERTA DIDIK DI KELAS RENDAH SDIT ALFURQAN KALITENGAH LAMONGAN

Listina Eka Ayu Ameilia (Prodi PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)
Muhammad Thamrin Hidayat (Prodi PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)
Suharmono Kasiyun (Prodi PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)
Syamsul Ghufron (Prodi PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2022

Abstract

Abstrak : Analisis Kesulitan Belajar Membaca dan Menulis Peserta Didik Kelas Rendah di SDIT Alfurqan Kalitengah Lamongan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan macam-macam kesulitan belajar membaca dan menulis beserta faktor-faktor yang menjadi penyebab peserta didik  di kelas rendah SDIT Alfurqan Kalitengah Lamongan mengalami kesulitan belajar membaca dan menulis. Teknik pengumpulan data, menggunakan observasi, wawancara, pengisian angket, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif setelah terlebih dahulu direduksi dan di uji keabsahannya melalui uji kreadibilitas data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik dengan kemampuan membaca yang tidak lancar dan tidak dapat menulis secara mandiri, diidentifikasi mengalami kesulitan dalam belajar membaca dan menulis. Macam-macam kesulitan belajar membaca dan menulis yang dialami oleh peserta didik sangat beragam, namun tetap berorintasi pada kemampuan menganalisis, memahami, membunyikan, dan menuliskan huruf. Dimana hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu faktor internal yang meliputi aspek psikologis dan aspek fisik. Sedangkan pada faktor eksternal meliputi, latar belakang keluarga, pendekatan belajar, pengawasan dan perhatian orang tua. Kata Kunci : Kesulitan Belajar, Membaca dan Menulis, Macam-macam Kesulitan Belajar Membaca dan menulis, Faktor penyebab.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

js

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

JS (Jurnal Sekolah) berisi artikel yang berkaitan dengan pendidikan, yang meliputi pembelajaran, hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. JS (Jurnal Sekolah), dikelola oleh Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan. JS (Jurnal Sekolah) ...