Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 7, No. 2 (April 2023)

Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Model TGT, STAD dan Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV Sekolah Dasar

Irfan Irfan (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Syarifuddin Syarifuddin (STIQ Rakha Amuntai)
Miftahul Jannah (STIQ Rakha Amuntai)
Kharisma Romadhon (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
01 May 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan efek dari tiga model pembelajaran kooperatif yang berbeda Teams Games Tournaments (TGT), Student Teams Achievement Divisions (STAD), dan Jigsaw untuk mengidentifikasi model mana yang paling efektif. Dalam melakukan penelitian ini, teknik kuantitatif digunakan. Selama semester genap tahun pelajaran 2021–2022, seluruh siswa kelas IV SD Negeri 111 Palembang berpartisipasi dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data berbasis pengujian dan dokumentasi digunakan bersama dengan simple random sampling sebagai metodologi pengambilan sampel. Uji pendahuluan yang dilakukan adalah uji homogenitas dan uji normalitas. Bersamaan dengan aplikasi JASP, ANOVA satu arah digunakan dalam prosedur analisis data. Dengan skor pretest 59 dan skor posttest 72 untuk Jigsaw, 74 untuk Student Teams Achievement Divisions (STAD), dan 86 untuk Teams Games Tournaments (TGT), hasilnya menunjukkan adanya perubahan yang signifikan antara kedua fase penerapan pembelajaran kooperatif. model. Oleh karena itu model TGT adalah salah satu dari dua model yang lebih baik dalam penelitian ini.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...