Naturalistic : Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 7 No. 2 (2023): Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran

Pengaruh Outdoor Learning Terhadap Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Wilayah II Kecamatan Simbang Kab. Maros

Wahrani Sudirman (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Idawati Idawati (Universitas Muhammadiyah Makassar, Jl. Sultan Alauddin No. 259 Makassar)
Muhajir Muhajir (Universitas Muhammadiyah Makassar, Jl. Sultan Alauddin No. 259 Makassar)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Kemandirian belajar siswa sangat penting ketika belajar, serta sikap kemandirian ini juga dapat membimbing diri siswa menuju perilaku yang baik. Untuk mengetahui kemandirian belajar IPS melalui strategi outdoor learning pada siswa kelas V SD Wilayah II Kecamatan Simbang Kab. Maros. Desain penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah desain Pretest-Posttest Control Group Design. Dalam desain ini, penelitian eksperimen, biasanya memiliki dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen adalah kelompok yang diberikan perlakuan atau treatment sedangkan yang kelompok kontrol tidak diberikan perlakuan apa-apa. Strategi Outdoor learningberpengaruh terhadap kemandirian belajar pada pembelajaran IPS Siswa Kelas IV SD, Hal ini berdasarkan tableequal variences assumed diperoleh nilai Sig. 0,005< 0,05, danjugaterlihatdarirata-ratakemandirian belajar padastrategi outdoor learningadalah60,00.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

naturalistic

Publisher

Subject

Education

Description

Lingkup artikel yang diterima adalah: 1. Metodologi Pembelajaran (Pendekatan, Media, Metode, Model, Strategi) 2. Pedagogik 3. Filsafat Pendidikan 4. Psikologi Pendidikan 5. Kurikulum 6. Pendidikan Agama 7. Pendidikan Dasar (Pendidikan dan Pembelajaran, IPA, IPS, PKn, B. Indonesia, Matematika, B. ...