JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 1 (2023): April 2023

Pengembangan E-Modul Pada Materi Virus Kelas X SMA/MA

Reza Zatria (Program Studi Pendidikan Biologi Universitas PGRI Sumatera Barat)
Annika Maizeli (Program Studi Pendidikan Biologi Universitas PGRI Sumatera Barat)
Yosmed Hidayat (Program Studi Pendidikan Biologi Universitas PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2023

Abstract

Penelitian pengembangan e-Modul ini menggunakan model 4-D. Model ini mempunyai empat tahapan pengembangan yaitu Define, Design, Development, Disseminate, dan Evaluation. Penelitian ini kita kerjakan sampai tahapan develop yakni uji validitas dan uji praktikalitas. Uji validitas ini diuji oleh validator sebanyak 2 orang dosen dan 1 orang guru Biologi. sedangkan Uji praktikalitas dinilai oleh 1 orang guru Biologi dan 30 orang siswa kelas X. Hasil uji validitas e-Modul sangat valid 90,12%. Hasil uji praktikalitas oleh guru sangat praktis yaitu 91,33% dan hasil uji praktikalitas siswa sangat valid 89,59%. Dari hasil penelitin ini dapat disimpulkan bahwa e- Modul pada materi virus hasilnya valid dan sangat praktis. Dapat disimpulkan e- Modul materi virus kelas X SMA/MA dapat digunakan dalam proses belajar dan pembelajaran

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...