JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 1 (2023): April 2023

Urgensi Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Pada Peserta Didik di SMPN 6 Tenggarong Seberang

Siti Rahmah Diana (Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda)
Achmad Ruslan Afendi (Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda)
Sudadi Sudadi (Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2023

Abstract

Pembentukan karakter sangat dekat kaitannya dengan pendidikan agama islam yang dapat mengembangkan nilai-nilai akhlak bagi anak didik. Penelitian ini mengeksplorasi penggunaan pengajaran agama Islam dalam upaya membentuk karakter peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dari penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti berupa observasi dan wawancara. Untuk melaksanakan analisis data kualitatif ini maka perlu ditekankan beberapa tahapan dan langkah-langkah yaitu reduksi kata dan penyajian data serta verifikasi. Hasil dari penelitian menunjukkan strategi yang diterapkan guru PAI dalam menanamkan dan membentuk karakter yang baik bagi siswa tidak di jam pembelajaran tetapi di luar jam pembelajaran bisa ditambahkan, meningkatkan materi pembelajaran tentang akhlak dan sopan santun, memberikan motivasi dan perhatian kepada siswa, metode pembiasaan dan Kegiatan Ekstrakurikuler: kegiatan ektrakurikuler meliputi: meliputi Tahfidzul Quran (menghafal Quran) dan khitabah. Pendidikan agama Islam memiliki peranan penting dan strategis dalam upaya pembentukan karakter bangsa melalui pendidikan untuk mencapai cita-cita tujuan pendidikan nasional.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...