Jenis penelitian adalah penelitian kepustakaan (libraryresearch). Pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka, kartu data dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil perhitungan presentase sederhana ini menunjukkan adanya nilai pendidikan karakter yang yang dominan yang ditonjolkan dalam buku Mutiara Bangsa Tombak Negara antara lain bab 1 (17%), Bab 2 (28%), Bab 3 (34%), Bab 4 (12%), Bab 5 (23%), Bab 6 (45%), bab 7 (23%) Secara keseluruhan peneliti menyimpulkan bahwa nilai pendidikan karakter yang paling dominan yang ditonjolkan dari 7 bab yang paling unggul adalah Bab 6 yaitu nilai karakter rasa ingin tahu sebesar (45%).Sedangkan relevansinya dengan anak sekolah dasar disesuaikan dengan Kompetensi Inti (1) religius dan (2) Sosial sesuai dengan Peraturan menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 37 tahun 2018 yang mencakup karakter bernilai religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, menghargai prestasi, cinta damai, gemar membaca, dan peduli sosial.Kata Kunci: Analisis buku, Buku Mutiara Bangsa Tombak Negara, Nilai Pendidikan karakter.Kata Kunci : Analisis buku, Buku Mutiara Bangsa Tombak Negara, Nilai Pendidikan karakter.
Copyrights © 2021