Ketimpangan sebagai kerancuan keteladanan edukasi ini sudah barang tentu berimplikasi pada pola pikir (mindset) anak dalam pertumbuhan dan perkembangan dalam pembelajaran berkehidupan. Membaca sebagai bagian nilai edukatif fungsi terapan karya sastra sebagai bagian dari Profil Pancasila perlu mendapatkan focus perhatian yang sangat signifikan. Pola alur penokohan cerita yang bersifat teoritis bukan pada penempatan teknik praktik menyebabkan cerita pendek anak tampak selalu penuh insiden dan kejadian yang semata-mata menyajikan cerita akan menimbulkan kerancuan perilaku anak. Revolusi mental ini melibatkan transformasi etos pada praktik berupa perubahan mendasar mentalitas cara berpikir, cara merasa, cara mempercayai yang kesemuanya itu akan menjelma dalam perilaku dan tindakan anak sehari-hari sebagai bagian keteladanan norma-norma elemen Profil Pelajar Pancasila.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023