Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar
Vol 2, No 1 (2019): Edisi Januari

PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS LINGKUNGAN

Nida Fitri Yansyah (Universitas Ibn Khaldun Bogor)
Salati Asmahasanah (Ubiversitas Ibn Khaldun Bogor)
Hilman Hakiem (Universitas Ibn Khaldun Bogor)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran tematik serta meningkatkan hasil pembelajaran tematik melalui penerapan metode outdoor study berbasis scientific learning. Penelitian ini dilaksanakan di SD Kreativa Kota Bogor tahun ajaran 2018/2019. Subjek penelitian dilaksanakan pada kelas IVB yang terdiri dari 21 siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan metode outdoor study berbasis scientific learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema 8 subtema 3. Hal tersebut dapat terlihat dari pencapaian hasil belajar yang dilakukan pada setiap siklusnya serta lembar observasi aktivitas pada pembelajaran tematik yang dilakukan oleh guru dan siswa yang mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Hasil belajar rata-rata keseluruhan siswa yang diperoleh pada siklus I mencapai nilai rata-rata sebesar 70,48 dan meningkat pada hasil belajar siklus II yaitu mencapai nilai rata-rata sebesar 84,38. Adapun hasil observasi aktivitas guru pada siklus I yaitu 70% dan pada siklus II yaitu 83,75%. Sedangkan observasi aktivitas siswa pada pembelajaran tematik dalam kegiatan belajar mengajar mengalami peningkatan setiap siklusnya yaitu pada siklus I mencapai 67,85% dan siklus II yaitu 82,14%. Dengan demikian, menggunakan metode outdoor study berbasis scientific learning dapat meningkatkan hasil pembelajaran tematik pada siswa kelas IV SD Kreativa Bogor.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Caruban

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar menerima publikasi Guru SD, Dosen, serta pemerhati dan peneliti-peneliti pendidikan dasar dengan penerbit Universitas Swadaya Gunung Jati. Ruang lingkup meliputi: Studi Pendidikan dan Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar (Pendidikan dan Pengajaran Ilmu ...