Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat
Vol. 3 No. 4 (2020): November

PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH UNTUK GURU DI SDN 1 DAN 5 PEMENANG LOMBOK UTARA

Awal Nur Kholifatur Rosyidah (Unknown)
Ida Ermiana (Unknown)
Arif Widodo (Unknown)
Linda Feni Haryati (Unknown)
Setiani Novitasari (Unknown)
Ashar Pajarungi Anar (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2020

Abstract

Menyusun karya tulis ilmiah merupakan salah satu tuntutan profesi bagi seorang guru. Permasalahannya adalah tidak semua guru memiliki kemampuan dalam menyusun karya tulis ilmiah dengan baik, salah satunya yang berbentuk artikel ilmiah. Berdasarkan studi pendahaluan di SDN 1 dan 5 Pemenang Barat, dapat diketahui bahwa sebagian besar guru masih mengalami kesulitan dalam menyusun artikel ilmiah. Berawal dari permasalahan tersebut perlu dilakukan pelatihan dan pendampingan dalam penulisan artikel bagi para guru. Program pelatihan dan pendampingan didesain dalam bentuk kegiatan pengabdian masyarakat. Kegiatan pengabdian tersebut dilakukan oleh tim dosen PGSD FKIP Universitas Mataram. Kegiatan pelatihan dan pendampingan dilakukan dengan metode blended, yaitu melalui tatap muka dan melalui daring. Tahapan pertama merupakan pelatihan yang mencakup teori dan praktik sedangkan tahap kedua adalah bimbingan dalam melakukan publikasi artikel pada jurnal ilmiah. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah dapat menambah wawasan dan keterampilan guru dalam menulis karya tulis ilmiah. Selain itu guru dapat melakukan publikasi artikel pada jurnal ilmiah secara mandiri sebagai salah satu tuntutan profesi sebagai seorang guru.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Other

Description

PPM ini merupakan wadah publikasi ilmiah di bidang pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh dosen maupun kelompok masyarakat lainnya. Jurnal ini menerima artikel hasil pengabdian maupun pemberdayaan masyarakat pada semua bidang baik pendidikan, seni, sosial budaya, ekonomi, hukum, ...