Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat
Vol. 5 No. 3 (2022): Agustus

PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PERPINDAHAN KALOR DENGAN METODE PRAKTIKUM DI KELAS V SD IT QURRATU ‘AYUN KOTA GORONTALO

Meilan Demulawa (Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo)
Herinda Mardin (Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo)
Wiwin Kobi (Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri)
Anisa Handani Uno (Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo)
Desy Nuraini Lakutu (Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo)
Sitti Resti Despianti (Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2022

Abstract

Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan sosialisasi mengenai perpindahan kalor bagi peserta didik kelas V SD IT Qurratu ‘Ayun Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam kegiatan sosialisasi ini adalah metode praktikum dengan menggunakan pendekatan partisipatif aktif. Pelaksanaan kegiatan ini pada hari rabu tanggal 09 Maret 2022 pukul 08.00-12.00 WITA berlokasi di ruang kelas V SD IT Qurratu ‘Ayun Kota Gorontalo. Peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 28 orang yang kesemuanya merupakan peserta didik kelas V SD IT Qurratu ‘Ayun Kota Gorontalo. Fasilitator yang terlibat dalam kegiatan ini terdiri atas 3 orang dosen dan 3 orang mahasiswa. Melalui pelatihan ini, peserta bersemangat dan antusias mengikuti kegiatan sosialisasi dan berpartisipasi aktif dalam melaksanakan praktikum perpindahan kalor secara konduksi. Kegiatan sosialisasi mengenai perpindahan kalor ini sangat dirasakan manfaatnya bagi peserta didik karena menambah wawasan dan pengetahuan mengenai materi perpindahan kalor khususnya perpindahan kalor secara konduksi. Kegiatan sosialisasi perpindahan kalor menggunakan metode praktikum berpendekatan partisipatif aktif mampu meningkatkan pemahaman peserta didik yang ditunjukkan berdasarkan presentase dari hasil mengerjakan soal sebelum kegiatan sosialisasi perpindahan kalor secara konduksi sebesar 52% yang menjawab benar pertanyaan mengenai perpindahan kalor secara konduksi menjadi 87% yang menjawab benar setelah dilakukan kegiatan sosialisasi perpindahan kalor secara konduksi, sehingga terjadi peningkatan sebesar 35%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Other

Description

PPM ini merupakan wadah publikasi ilmiah di bidang pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh dosen maupun kelompok masyarakat lainnya. Jurnal ini menerima artikel hasil pengabdian maupun pemberdayaan masyarakat pada semua bidang baik pendidikan, seni, sosial budaya, ekonomi, hukum, ...