JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED
Vol 3, No 2 (2015): HANDAYANI JOURNAL

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VI-B SD NEGERI 105275 PAYA GELI

Suriati . (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2015

Abstract

Tujuan dari penelitian tindakan ini Untuk mengetahui hasil belajar dan Aktivitas belajar siswa setelah menerapkan Model Pembelajaran Problem Posing pada mata pelajaran Matematika di kelas VI-B semester Genap SD Negeri 105275 Payageli Tahun Pembelajaran 2013/2014. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika  dengan menerapkan model pembelajaran Problem Posing pada Siklus I mencapai rata-rata 62,6 dengan ketuntasan klasikal 32,3% dan Siklus II mencapai 86,5 dengan ketuntasan klasikal 93,6%. Aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Matematika dengan menerapkan model pembelajaran Problem Posing pada siklus II, aktivitas menulis,membaca sebesar 21%, mengerjakan LKS sebesar 35%, bertanya pada teman sebesar 24%, bertanya pada guru sebesar 13%, yang tidak relevan dengan KBM sebesar 6%. Data tersebut menunjukan bahwa hasil belajar dan aktivitas belajar siswa meningkat dari siklus I menjadi lebih baik pada siklus II. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Problem Posing.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JH

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Handayani memuat artikel-artikel yang berkaitan dengan bidang pendidikan, pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Jurnal disingkat Handayani JH, dikelola oleh program studi pendidikan guru sekolah dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan. JH diterbitkan ...