Wilangan : Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika
Vol 1, No 1 (2020): Maret 2020

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KECEMASAN MATEMATIKA (ANXIETY) PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Iman Rismanto (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Aan Hendrayana (Universitas Sultan Ageng tirtayasa)
Yani Setiani (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menyelidiki apakah terdapat penurunan kecemasan matematika pada siswa yang menggunakan model pembelajaran problem based learning. kuasi eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Non-equivalent pretest and posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa VIII SMP Negeri 1 Cibaliung tahun ajaran  2019/2020. Pengambilan  sampel menggunakan kuasi eksperimen dengan mengambil dua kelas secara acak.  Satu kelas sebagai kelas eksperimen yang mendapat model pembelajaran problem based  learning dan tau kelas sebagai kelas kontrol yang mendapat pembelajaran dengan model konvesional. Instrumen yang di gunakan yaitu intrumen non tes. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: terdapat penurunan kecemasan matematika pada siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan model problem based learning.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

wilangan

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal wilangan adalah jurnal pendidikan matematika fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas sultan ageng tirtayasa yang menerbitkan jurnal dalam bidang pendidikan matematika dan ...