Wilangan : Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika
Vol 1, No 2 (2020): Juni 2020

Analisis Kesalahan Siswa pada Soal Kemampuan Berpikir Kritis Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas 8 SMP

Rosmaya Siskandani (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Novaliyosi Novaliyosi (Universitas sultan Ageng Tirtayasa)
Isna Rafianti (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk jenis penelitian apa yang dilakukan siswa saat menyelesaikan soal-soal kritis pada materi Bangun Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah 20 siswa kelas 8 SMP Negeri 7 Kota Serang. Berdasarkan hasil analisis data melalui tes dan wawancara, kesimpulan yang didapat ada 3 jenis kesalahan yang dilakukan siswa dengan kesalahan konseptual, prosedural dan kesalahan teknik. Kesalahan-kesalahan yang diminta oleh beberapa faktor yaitu pemahaman yang tidak akan soal yang diberikan, siswa hanya bisa menggunakan soal yang biasa yang tidak perlu siswa untuk berpikir kritis,

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

wilangan

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal wilangan adalah jurnal pendidikan matematika fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas sultan ageng tirtayasa yang menerbitkan jurnal dalam bidang pendidikan matematika dan ...