Wilangan : Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika
Vol 3, No 3 (2022): September 2022

Hubungan Tingkat Burnout Belajar Siswa dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Di masa Pandemi COVID-19

Linda Septiani (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Isna Rafianti (Unknown)
Jaenudin Jaenudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran hubungan antara burnout belajar siswa dan kemampuan pemecahan masalah matematis di masa pandemi COVID-19. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX MTs Negeri 1 Pandeglang. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan 3 kelas dari kelas IX sebagai sampel penelitian, yaitu kelas IX A, IX C dan IX E. Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa kuesioner (angket) dan tes (soal). Teknik analisis data dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil pengujian hipotesis pada penelitian ini menunjukkan hubungan yang signifikan antara tingkat burnout belajar siswa dan kemampuan pemecahan masalah matematis di masa pandemi COVID-19 dengan rhitung = 0,53 > rtabel0,17 signifikansi α = 0,05 dengan n = 90, maka H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tingkat burnout belajar siswa dan kemampuan pemecahan masalah matematis dari siswa kelas IX A, IX C, dan IX E memiliki hubungan yang signifikan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

wilangan

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal wilangan adalah jurnal pendidikan matematika fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas sultan ageng tirtayasa yang menerbitkan jurnal dalam bidang pendidikan matematika dan ...