Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa saat menyelesaikan soal kemampuan berpikir kritis pada materi sistem persamaan linear tiga variabel kelas X, serta mengetahui faktor penyebab siswa melakukan kesalahan tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 20 siswa kelas X SMA Negeri 16 Jakarta. Berdasarkan hasil analisis data melalui pemberian tes dan wawancara didapatkan kesimpulan yaitu siswa melakukan 4 jenis kesalahan berdasarkan Prosedur Newman, keempat kesalahan tersebut adalah kesalahan memahami, transformasi, keterampilan proses, dan penulisan jawaban. Kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dipengaruhi beberapa faktor penyebab yaitu kurangnya pemahaman siswa akan materi dan soal dikarenakan siswa tidak terbiasa mengerjakan soal berbentuk uraian cerita yang menuntut siswa untuk berpikir kritis, dan kurangnya ketelitiaan siswa dalam memahami hingga menyelesaikan masalah yang terdapat dalam soal.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022