Wilangan : Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika
Vol 1, No 1 (2020): Maret 2020

PENGARUH EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIENT (ESQ) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Fifi Anggraini (Unknown)
Novaliyosi Novaliyosi (Unknown)
Isna Rafianti (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2020

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya tiga kecerdasan yang dimiliki siswa yaitu IQ, EQ, dan SQ, di mana penggabungan tiga kecerdasan tersebut adalah ESQ. Pentingnya memecahkan masalah matematika dan motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran juga merupakan latar belakang dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh ESQ terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dan motivasi belajar siswa SMPIT Al-Izzah Serang kelas VII. Penelitian ini adalah penelitian survei dengan3 kelas sampel. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan tes. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil untuk hipotesis I adalah koefisien korelasi sebesar 0,983 dengan persamaan regresi Y1 = -88,712 + 1,798X. Untuk hipotesis II adalah koefisien korelasi sebesar 0,985 dengan persamaan regresi Y2 = -28,420 + 1,162X. Untuk hipotesis III yaitu koefisien korelasi sebesar 0,981 dengan persamaan regresi Y2 = 29,726 + 0,623Y1. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa 1) ada pengaruh positif dan signifikan ESQ terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, 2) ada pengaruh positif dan signifikan ESQ terhadap motivasi belajar siswa, dan 3) pengaruh positif dan signifikan dari kemampuan pemecahan masalah matematis terhadap motivasi belajar siswa. Kata kunci: ESQ, motivasi belajar, pemecahan masalah matematis

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

wilangan

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal wilangan adalah jurnal pendidikan matematika fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas sultan ageng tirtayasa yang menerbitkan jurnal dalam bidang pendidikan matematika dan ...