Wilangan : Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika
Vol 3, No 2 (2022): Juni 2022

ANALISIS VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA DARING UNTUK MENCAPAI STUDENTS’ WELL-BEING SISWA SMA

Dewi Yuni Marfiah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Hepsi Nindiasari (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Sukirwan Sukirwan (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan video pembelajaran matematika daring yang dibuat oleh guru matematika yang ditinjau dari indikator students’ well-being. Indikator students’ well-being yang dianalisis sebanyak 5 indikator, yaitu indikator enjoy, indikator mandiri, indikator berpikir kritis dan pemecahan masalah, indikator prestasi belajar, dan indikator motivasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan subjek sebanyak 3 guru matematika SMA di Kabupaten Tangerang. Data yang diperoleh didapat dari dokumentasi video pembelajaran serta rubrik penilaian untuk menganalisis tiap indikator di dalam video pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator enjoy berkategori Baik, indikator mandiri berkategori Baik, indikator berpikir kritis dan pemecahan masalah berkategori Baik, indikator prestasi belajar berkategori Sangat Baik, dan indikator motivasi berkategori Kurang Baik. Selanjutnya, secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa video subjek GR2 berkategori Cukup Baik, video subjek GR3 berkategori Baik, dan video GR4 berkategori Baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

wilangan

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal wilangan adalah jurnal pendidikan matematika fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas sultan ageng tirtayasa yang menerbitkan jurnal dalam bidang pendidikan matematika dan ...