Journal of Vocational Instruction
Vol 1, No 2 (2022): November

PENGARUH PENGGUNAAN MICROSOFT TEAMS TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI SISWA PADA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS X TEKNIK ALAT BERAT SMKN 2 TULUNGAGUNG

Herianto, Herianto (Unknown)
Nurhadi, Didik (Unknown)
Marsono, Marsono (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2022

Abstract

Proses pembelajaran di SMK Negeri 2 Tulungagung dilakukan secara daring dengan menggunakan media pembelajaran Microsoft Teams (Ms Teams) pada mata pelajaran gambar teknik. Pembelajaran menggunakan Ms Teams sejauh ini belum diketahui apakah media tersebut dapat memenuhi kriteria hasil belajar maupun kemampuan berkomunikasi siswa. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Ms Teams terhadap hasil belajar dan komunikasi siswa pada pelajaran gambar teknik. Ini merupakan penelitian dekriptif kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan adalah ex-post facto. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Alat Berat SMKN 2 Tulungagung pada mata pelajaran gambar teknik. Analisis data dilakukan dengan teknik dekriptif, uji prasyarat normalitas dan linieritas, dan uji-t. Hasil Penelitian menunjukan penggunaan Ms Teams dan kemampuan berkomunikasi berada dalam kategori sangat tinggi. Sedangkan hasil belajar siswa berada dalam kategori cukup.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jovi

Publisher

Subject

Control & Systems Engineering Education Engineering Mechanical Engineering Other

Description

Jurnal JoVi; Journal of Vocational Instruction adalah salah satu jurnal yang konsisten memuat berbagai jenis artikel berupa hasil penelitian, gagasan dan kajian pustaka di bidang pendidikan, teknologi dan kejuruan khususnya pada bidang Teknik Mesin. Jurnal JoVi terbit 2 kali pada Bulan Mei dan ...