ABSTRAK Latar Belakang : Perilaku Caring perawat sangat penting dalam memenuhi kepuasan pasien, hal ini menjadi salah satu indikator kualitas pelayanan di sebuah rumah sakit. Perawat adalah orang yang menjadi salah satu kunci dalam memenuhi kepuasan pasien. Rumusan masalah masih adanya pasien rawat inap menyatakan kurang puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh perawat. Tujuan penelitian diketahui hubungan perilaku caring dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Zainal Arifin Kota Bengkulu .Metode : Desain penelitian dengan pendekatan cross sectional. Cara pengambilan sampel dengan teknik accidental sampling dengan jumlah sampel 91 orang. Data dianalisis secara univariat dan bivariate dengan uji chi- square.Metode :Hasil penelitian terdapat 51,6% responden mendapatkan prilaku caring yang kurang baik dari perawat dan 36,3% menyatakan kurang puas terhadap pelayann di RS.Zainal Arifin. Hasil uji chi –square nilai p 0,000 (p<0,05) artinya ada hubungan perilaku caring dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Zainal Arifin.Simpulan :Saran pihak membuat program pelatihan untuk meningkatkan pengarhuan dan perilaku caring perawat sehingga tingkat kepuasan meningkat.Kata kunci : Caring, Kepuasan
Copyrights © 2022