Jotika Journal in Education
Vol. 2 No. 2 (2023): Februari

EFEKTIVITAS KAMPANYE LITERASI MELALUI SOCIAL MEDIA (FACEBOOK)

Ferry Kurniawan (Universitas Bina Darma)
Ratna Dewanti (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2023

Abstract

Jumlah pengguna social media Indonesia semakin hari semakin meningkat dan menjadi peringkat atas jumlah penggunak social media di dunia. Jumlah pengguna facebook saat ini berada di peringkat ketiga teratas didunia dengan jumlah pengguna 202,2 juta penguna. Fenomena jumlah pengguna facebook yang begitu berbanding terbalik dengan kenyataan pnilaian tingkat literasi pengguna facebook yang di nilai kurang. Hal ini menyebaban kegiatan kampanye litrasi dirasa perlu dan digalakkan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, dengan analisis deskriptif. Dengan sumberdata pengguuna facebook. Ditemukan Berbagai upaya telah dilakukan untukengkampanyean kegiatan literasi; 1. membuat akun dengan nama literasi (82) 2. Membuat group facebook bernamakan litetasi dan membahas tentang literasi 2600) 3. Membuat fanspage tentang literasi (102) 4. membuat berbagai macam dan jenis unggahan tentang literasi. Jumlah unggan tetang literasi semakin bertambah anyak dengan mengguakkan hastag khusu diantarany: 1) tema literasi 61.000 unggahan 2) 45.000 unggahan literasi digital, dan 3. 171.000 unggahan Literasi 15 detik. Berdasarkan uji efektivitas dengan 4 indikator yaitu exposure, engagement, influence dan action didapatkan hasil bahwa efektif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JJE

Publisher

Subject

Education

Description

Jotika Journal in Education diterbitkan oleh Jotika English and Education Center Tangerang, Indonesia dengan e-ISSN 2807-6788 merupakan jurnal yang memuat hasil-hasil penelitian di bidang pendidikan. Jurnal ini terbit dua kali setahun pada bulan Februari dan ...