Jurnal Edu Sosial : Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol. 3 No. 1 (2023): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial

Implementasi E-Learning Pada Proses Online Learning Di Tingkat Prodi Ppkn Fkip Universitas Jambi: Indonesia

Siti Tiara Maulia (Universitas Jambi)
Sundari Utami (Universitas Jambi)
M. Lukman Hakim (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2023

Abstract

Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat dari penggunaan E-Learning dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di prodi PPKn. E-learning merupakan system atau konsep pendidikan yang menggunakan teknologi sebagai pemanfaatan teknologi informasi pada proses pembelajaran. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah dengan cara observas langsung terhadap dosen dan mahasiswa/i PPKn. Observasi langsung adalah sebuah metode yang dilakukan dengan cara melihat langsung atau terjun langsung ke lapangan terhadap objek yang akan diteliti oleh seorang peneliti. Observasi langsung ini dilakukan terhadap tenaga pengajar yaitu dosen matakuliah dan juga peserta didik yaitu mahasiswa/I prodi PPKn. Setelah melakukan observasi langsung yang menggunakan analisis deskriptif kualitatif. E-Learning pada zaman sekarang sangat dibutuhkan baik oleh tenaga pendidik maupun oleh mahasiswa/I sebagai peserta didik yang merupakan bagian dari keberlangsungan proses pembelajaran. Hasil penelitian ini dapat kita ketahui nantinya secara langsung bagaimana pemanfaatan E-Learning dalam pembelajaran di prodi PPKn. Pada kenyataannya, hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa pemanfaatan E-Learning dalam kegiatan pembelajaran belum maksimal. Sejatinya pemanfaatan E-Learning secara maksimal pada dasarnya dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di prodi PPKn. Kata kunci : E-Learning, Online Learning, Prodi Ppkn

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jeso

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Edu Sosial: jurnal Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial yang menerbitkan makalah hasil penelitian asli, artikel konseptual, artikel review dan studi kasus. Fokus dan Cakupan Jurnal ini terdiri dari Ilmu Pegetahuan sosial yang tediri dari bidang Pendidikan Sejarah, Pendidikan Ekonomi, ...