Jurnal Edu Sosial : Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol. 3 No. 1 (2023): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial

Mendeley Sebagai Upaya Menghindari Plagiarisme dan Peningkatan Kualitas Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa: Indonesia

Melisa Melisa (Universitas Jambi)
Siti Tiara Maulia (Universitas Jambi)
Fajar Nugraha (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2023

Abstract

Menulis karya tulis ilmiah menjadi suatu keharusan kemampuan yang dimiliki mahasiswa, kemampuan dalam menulis karya tulis ilmiah ini bukan sebatas mampu mengerjakan/menyelesaikan karya tulis ilmiah. Tetapi, perlu diperhatikan juga oleh seorang penulis akan kaidah-kaidah dalam penulisan karya tulis ilmiah. Banyaknya kasus yang ditemukan dikalangan mahasiswa dalam pembuatan karya tulis ilmiah dengan begitu mudahnya mengambil/mengutip tulisan orang lain tanpa mencantumkan sumber rujukannya dengan jelas. Hal ini tentunya melanggar kaidah-kaidah dalam penulisan karya tulis ilmiah, entah mereka melakukan dengan sadar atau tidak yang jelasnya hal tersebut sudah melanggar aturan dan dapat digolongkan dengan tindakan plagiarisme. Aplikasi mendeley sebagai alat bantu mahasiswa dalam mempermudah melakukan sitasi/pengutipan bisa menjadi solusi mengindarkan dari tindakan plagiarisme. Penelitian ini menggunakan studi kajian literatur. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan penggunaan aplikasi mendeley dalam penulisan karya tulis ilmiah mahasiswa dapat meningkatkan kualitas karya ilmiah dan menghindarkan dari tindakan plagiat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jeso

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Edu Sosial: jurnal Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial yang menerbitkan makalah hasil penelitian asli, artikel konseptual, artikel review dan studi kasus. Fokus dan Cakupan Jurnal ini terdiri dari Ilmu Pegetahuan sosial yang tediri dari bidang Pendidikan Sejarah, Pendidikan Ekonomi, ...