Global Journal Basic Education
Vol 2 No 2 (2023): Mei

HUBUNGAN LINGKUNGAN TEMPAT TINGGAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS TINGGI SDN 22 JEPPE’E KECAMATAN TANETE RIATTANG BARAT KABUPATEN BONE

Kadir, Abdul (Unknown)
Amin, Muhammad (Unknown)
Anti, Hardianti Dian (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 May 2023

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan lingkungan tempat tinggal dengan motivasi belajar siswa kelas tinggi SDN 22 Jeppe’e Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas tinggi SDN 22 Jeppe’e Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone dengan jumlah siswa sebanyak 60 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Nonprobability yaitu total sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil analisis statistic deskriptip menunjukkan bahwa lingkungan tempat tinggal tergolong sangat baik dengan presentase 82,79% dan motivasi belajar siswa tergolong sangat baik dengan persentase 82,93%. Hasil analisis statistic inferensial menunjukkan ada hubungan antara lingkungan tempat tinggal dengan motivasi belajar siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,889 dan berada pada kategori sangat kuat.Dengan demikian H0 di tolak dan H1 diterima. Dari hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara lingkungan tempat tinggal dengan motivasi belajar siswa kelas tinggi SDN 22 Jeppe’e Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

gjp

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Global Journal Basic Education with e ISSN 2828-6383 is a scientific journal that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of basic education covering the fields of basic teaching in elementary, Applied science and analytical-critical ...