Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 3 No. 1 (2022): Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika

Penerapan Pembelajaran Matematika Melalui Media Komputer Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMP Budi Agung Medan

Muhammad Rizky Mazaly (Universitas Potensi Utama)
Doni Irawan Saragih (Program studi Informatika, Universitas Potensi Utama)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2022

Abstract

ABSTRAK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum menggunakan media komputer dan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan media komputer . Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Budi Agung Medan. Pengambilan Sampel dilakukan dalam penelitian ini adalah secara random atau acak, sehingga terpilih kelas VII-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-2 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis Quasi Experimental Design, desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Dilanjutkan dengan uji hipotesis yakni menggunakan uji-t. Uji hipotesis dilakukan pada hasil posttest kedua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Berdasarkan hasil pengolahan SPSS maka diperoleh t hitung = 2,238 dan t tabel = 1,684. Maka berdasarkan kriteria pengujian hipotesis tolak H0, yakni t hitung > t tabel dan diperoleh 2,238 > 1,684, dengan demikian terdapat peningkatan sehingga H0 ditolak.. dapat disimpulkan hasil belajar dengan pembelajaran menggunakan media komputer lebih baik daripada dengan pembelajaran biasa. Kata kunci: Media Komputer, Hasil Belajar

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

arriyadhiyyat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

This journal aims to facilitate and promote dissemination of scholarly information on research and development in Mathematics and Mathematics Education. The articles published in this journal can result from research, conceptual thinking, ideas, innovations, best practices, and book reviews. The ...