Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan kelas yang aktif dan menyenangkan berbasis karakter di Pondok Pesantren Darussaadah Pangkalan Susu. Langkah-langkah dalam penelitian ini adalah: a) metode ceramah dan pemaparan materi penggunaan strategi pembelajaran; b) praktek dan diskusi); c) Based on Card; d) Based on Discussion, e) Based on Text, f) Based on Demonstration, dan g) Based on Question. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penyampaian materi dilakukan dihadapan para peserta, yang dilengkapi dengan sajian power poin dalam upaya memberikan pemahaman lebih mendalam sesuai dengan tahapan seperti pembukaan, kegiatan inti dan penutup. Setelah materi dipaparkan dihadapan para peserta, maka dilakukan evaluasi. Dalam tahapan ini, evaluasi mengharuskan seluruh peserta menjelaskan kembali tentang bagian-bagian tertentu yang mereka ketahui untuk setiap materi yang disajikan. Kegiatan evaluasi ini, berisi tentang memberikan jawaban atau tanggapan terhadap soal yang disajikan berkaitan dengan upaya guru dalam menciptakan pembelajaran yang bermakna
Copyrights © 2022