Guruku: Jurnal Pendidikan Profesi Guru
Vol 1 No 2 (2022): Guruku: Jurnal Pendidikan Profesi Guru

PELAKSANAAN PENILAIAN PENGETAHUAN LISAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Ubabuddin Ubabuddin (Institut Agama Islam Sultan Muhammad syafiuddin Sambas)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Penilaian merupakan serangkaian kegiatan yang sistematis dan berkesinambungan untuk memperoleh data dan informasi tentang proses dan hasil belajar peserta didik. Tes merupakan salah satu prosedur evaluasi yang komprehensif, sistematik, dan objektif yang hasilnya dapat dijadikan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan dalam proses pengajaran yang dilakukan oleh guru. Tes lisan merupakan salah satu tes yang digunakan dalam penilaian aspek pengetahuan. Tes lisan merupakan oral test dimana jawaban atas pertanyaaan yang diajukan menuntut siswa memberikan jawaban secara lisan. Tes lisan dapat dibedakan menjadi dua yakni: Tes lisan bebas dan Tes lisan berpedoman. Tes lisan memiliki kelebihan dan kekurangan. Manfaat pertanyaan dengan tes lisan yaitu Mengembangkan pemahaman siswa, Mengembangkan kemampuan berpikir dan membuat keputusan, Mengaktifkan kedua belah pihak guru dan siswa. Penentuan materi dilakukan dengan memperhatikan kriteria: urgensi, kontinuitas, relevansi, keterpakaian. Beberapa hal yang juga perlu diperhatikan dalam merencanakan tes lisan diantaranya: Menentukan kompetensi pengetahuan yang sesuai, menyusun indikator proses dan hasil belajar, menetukan kriteria kunci yang menunjukkan capaian indikator, menyusun pedoman pertanyaan, menyiapkan rubrik penilaian.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

guruku

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

As a multi-disciplinary journal and the scope of this journal is in the field of learning and teaching which provides a platform for the publication of the most advanced scientific research in the fields of learning, development, teaching, and teaching in the Guruku: Jurnal Pendidikan Profesi Guru ...