JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Mengenal Angka Melalui Media Tutup Botol Hias di TK Pembina 01 Tarusan

Syahreni Yenti (Magister Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang)
Dadan Suryana (Magister Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
12 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif anak melalui media tutup botol. Media tutup botol merupakan salah satu sarana untuk dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam pembelajaran konsep bilangan. Hasil observasi di TK Pembina 01 Tarusan ditemukan sebagian besar anak belum sepenuhnya berkembang kemampuan kognitifnya, anak hanya mampu menghafal angka namun tidak dapat mengenal lambang bilangannya. Penelitian ini menggunakan tindakan kelas. Sumber data penelitian ini adalah anak TK B1 sebanyak lima belas orang. Instrumen penelitian menggunakan format observasi. Setelah melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi data dianalisis menggunakan presentase. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan anak mengenal angka melalui media tutup botol hias pada observasi ketiga meningkat sangat tinggi sebesar 80%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...