JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Rekonstruksi Kurikulum Pendidikan Islam Berbasis Keterampilan Abad 21 Di Era Disrupsi

Sarah Nurfadilah (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Sutarjo Sutarjo (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Lilis Karyawati (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
30 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merekonstruksi kurikulum pendidikan Islam dalam menghadapi era disrupsi. Selama ini kurikulum pendidikan Islam belum dipersiapkan untuk menghadapi era disrupsi yang penuh dengan perubahan. Kurikulum pendidikan Islam formal terlalu padat dengan kegiatan administrasi pembelajaran yang kaku, tidak memberi inspirasi dan pencerahan yang dapat membangun kesadaran, khususnya karakter. Penelitian ini merupakan studi literatur dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rekonstruksi kurikulum pendidikan Islam di era disrupsi adalah kurikulum pendidikan Islam yang mengembangkan karakter generasi milenial dengan perangkat pembelajaran berbasis teknologi digital sehingga pembelajaran menjadi lebih inspiratif, mencerahkan, dan membangun nilai-nilai Islam.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...