Jurnal Ilmiah Edutic : Pendidikan dan Informatika
Vol 9, No 2: Mei 2023

Dampak Penerapan Flipped Classroom Terhadap Pengetahuan, Keterampilan, dan Keterlibatan Mahasiswa dalam Pembelajaran

M. Miftach Fakhri (Universitas Negeri Makassar)
Dyah Darma Andayani (Universitas Negeri Makassar)
Andi Baso Kaswar (Universitas Negeri Makassar)
Ainun Zahra Adistia (Universitas Negeri Makassar)
Della Fadhilatunisa (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)



Article Info

Publish Date
20 May 2023

Abstract

Pada masa pandemi Covid-19, pemerintah menerapkan kebijakan karantina wilayah yang melumpuhkan beberapa sektor, salah satunya di bidang Pendidikan. Flipped classroom atau kelas terbalik merupakan satu diantara beberapa model pembelajaran yang mengandalkan inovasi mutakhir berbasis video interaktif dan dipercaya dapat menjadi jalan keluar permasalahan ini, serta berpotensi untuk diterapkan meski masa pandemi telah berakhir. Model pembelajaran ini akan membimbing para pelajar untuk belajar dengan inisiatif sendiri melalui video interaktif sebelum masuk kelas, sementara aktivitas yang berlangsung dalam kelas lebih ditekankan untuk diskusi dan tanya jawab. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari penerapan flipped classroom terhadap beberapa aspek penting yakni pengetahuan, keterampilan, dan keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif. Populasi yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 84 Mahasiswa Universitas Negeri Makassar. Data diperoleh dengan teknik pengumpulan data berupa penggunaan Angket (kuesioner) yang disebar melalui formulir online. Analisis angket (kuesioner) dilakukan secara deskriptif dan dengan model skala likert untuk menjelaskan hasil dari penelitian. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan model pembelajaran flipped classroom memiliki dampak yang signifikan terhadap pengetahuan, keterampilan, dan keterlibatan mahasiswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edutic

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Jurnal Ilmiah Edutic Pendidikan dan Informatika is a journal published by the Informatics Education Study Program, Universitas Trunojoyo Madura. Eductic contains publications on the results of thoughts and research in the field of education and information technology. Eductic is published twice a ...