Peran sebuah metode tidak dapat diremehkan dalam proses pembelajaran, guru dituntut untuk dapat berinovasi dalam penyelenggaraan pembelajaran tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru bahasa arab dalam menerapkan metode eklektik pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk mengumpulkan data menggunakan metode observasi, interview (wawancara) dan dokumentasi. sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang dan pengamatan kegiatan pembelajaran sehingga dalam hal ini penulis mengupayakan mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode eklektik dalam pembelajaran Bahasa Arab digunakan guru untuk mempermudah proses belajar-mengajar didalam kelas. Selain itu juga, metode eklektik dapat menggambarkan variasi metode mengajar bahasa Arab yang lebih efektif, sehingga siswa tidak cepat bosan dalam menerima materi yang diajarkan.
Copyrights © 2023