JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Menulis Siswa Kelas II SD Negeri Mannuruki Kota Makassar

Sri Rahayu (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Dwi Sisca Fajriani (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Lelis Swandari (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
18 May 2023

Abstract

Peran dan fungsi guru memiliki hubungan yang erat dan tidak dapat dipisahkan. Guru memiliki tanggung jawab dalam menyatukan peran dan fungsi tersebut, termasuk kemampuan dalam mendidik, membimbing, mengajar, dan melatih. Salah satu faktor yang mempengaruhi proses kegiatan belajar mengajar adalah siswa. Siswa memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam menerima materi yang disampaikan guru. Hal ini berpengaruh terhadap kemampuan siswa dalam menulis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, karena dalam penelitian ini berusaha mengungkapkan atau mendeskripsikan keadaan objek yang diteliti melalui data populasi, kemudian dianalisis dan ditarik kesimpulan yang dapat berlaku secara umum. Guru Kelas IIB SD Mannuruki mengatakan bahwa terdapat peserta didik yang mengalami kesulitan menulis, yaitu 2 peserta didik. Guru berusaha mengatasi kesulitan menulis yang dialami peserta didik dengan cara menambah jam belajar sebelum masuk jam pelajaran atau sesudah pulang sekolah. Peserta didik juga lebih antusias mengikuti dan memahami materi pembelajaran apabila selama proses pembelajaran guru menerapkan strategi-strategi yang mampu menarik perhatian dan memotivasi peserta didik dalam belajar. Keterampilan menulis memiliki peran yang sangat penting dalam prestasi hasil belajar siswa, serta dalam kelancaran proses pembelajaran di kelas. Oleh karena itu, peran guru dalam mengatasi kesulitan menulis yang dialami siswa dianggap sangat penting. Selain itu, keberhasilan peserta didik juga melibatkan peran penting dari guru, orang tua, dan masyarakat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...