JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Outdoor Learning terhadap Hasil Belajar IPA Bagian-Bagian Tumbuhan pada Siswa Kelas IV di SDN Centre Mawang Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan

St Nursyahwa (Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia)
Hilmi Hambali (Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia)
Andi Marliah Bakri (Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
21 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Metode Pembelajaran Outdoor Learning Terhadap Hail Belajaar IPA Bagian-Bagian Tumbuhan Pada Siswa Kelas IV di SDN Centre Mawang Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan. Pokok masalah yang akan diteliti yakni bagaimana Pengaruh Metode Pembelajaran Outdoor Learning Terhadap Hail Belajaar IPA Bagian-Bagian Tumbuhan Pada Siswa Kelas IV di SDN Centre Mawang Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian kuantitatif eksperimen menggunakan statistik. Terdapat dua macam statistik yang digunakan untuk analisis data dalam penelitian, yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian kelas eksperimen diterapkan penggunaan metode pembelajaran Outdoor Learning dengan nilai rata-rata sebesar 85,83, sedangkan pada kelas kontrol dengan nilai rata-rata sebesar 69,37. Terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran Outdoor Learning terhadap hasil belajar IPA bagian-bagian tumbuhan pada siswa kelas IV di SDN Centre Mawang Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan. Hal tersebut dibuktikan pada tabel uji-t (Independent Sample Test) dengan peroleh nilai signifikansi 0.000< 0.05 yang berarti bahwa H0 ditolak dan Ha diterima atau thitung > ttabel (7.061 > 2.0129).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...