Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 7, No 2 (2023)

Peran Pendidikan Jasmani dalam Pengembangan Motorik Kasar pada Anak Usia Dini

Oki Candra (Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Islam Riau)
Nuridin Widya Pranoto (Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Padang)
Ropitasari Ropitasari (D-3 Kebidanan, Universitas Sebelas Maret Surakarta)
Didik Cahyono (Pendidikan Jasmani, Universitas Mulawarman)
Ellyzabeth Sukmawati (D-3 Kebidanan, STIKES Serulingmas)
Ansar CS (Ilmu Keolahragaan, Universitas Cenderawasih)



Article Info

Publish Date
12 May 2023

Abstract

Motorik kasar merupakan keterampilan fisik yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari dan dapat berpengaruh pada perkembangan fisik, kognitif, dan sosial anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pendidikan jasmani dalam pengembangan motorik kasar pada anak usia dini. Metode kajian studi literatur digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data dari berbagai sumber. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara mengevaluasi dan menganalisis berbagai sumber informasi yang telah dikumpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan jasmani memiliki peran penting dalam mengembangkan kemampuan motorik kasar pada anak usia dini, yang dapat memengaruhi perkembangan kognitif, sosial, dan emosional anak. Namun, masih terdapat permasalahan dalam pengembangan motorik kasar pada anak usia dini, seperti kurangnya pengetahuan dan pemahaman orang tua dan lembaga pendidikan mengenai pentingnya pendidikan jasmani. Penelitian ini memiliki implikasi untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan tentang pentingnya pendidikan jasmani dalam pengembangan motorik kasar pada anak usia dini, mengintegrasikannya dengan kurikulum pendidikan, serta memberikan perhatian lebih pada pengembangan motorik kasar anak usia dini.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...