Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Model Pembelajaran Somatic Auditory Visual Intellectual (Savi) Terhadap Kemampuan Menyimak Siswa Kelas XI SMA PGRI 2 Palembang

Veranica Rizki Anugrah (Universitas PGRI Palembang)
Juaidah Agustina (Universitas PGRI Palembang)
Hayatun Nufus (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap kemampuan menyimak. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan design eksperimen Posttest-Only Design. Populasi pada penelitian ini ialah seluruh peserta didik kelas XI di SMA PGRI 2 PALEMBANG. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan cara teknik random sampling. Sampel pada penelitian ini menggunakan 2 kelas yaitu XI IPS 4 kelas eksperimen dan XI IPS 2 kelas kontrol. Pengujian hipotesis menggunakan analisis uji-T dengan taraf kesukaran 0,05 (5%). Dari analisis uji hipotesis diperoleh nilai Sig. 0.003 < 0.05 (5%) yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Diperoleh kesimpulan (1) Penggunaan model pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visual Intellectual) memberi hasil menyimak yang meningkat dan berpengaruh signifikan. (2) Setelah perlakuan diberikan terdapat perbedaan hasil belajar yang lebih tinggi yaitu 76,24 dan kelas kontrol memiliki hasil belajar yang lebih rendah yaitu 68,57.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...