JURNAL INOVASI PENDIDIKAN MATEMATIKA (JIPM)
Vol. 4 No. 2 (2022): JIPM

Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa

Eva Yuriana Ambarwati (MTs NU AL-Mahfud)
Bambang Priyo Darminto (Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Puji Nugraheni (Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Purworejo)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan mengetahui kevalidan, kepraktisan, serta keefektifan media pembelajaran flipbook berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi aturan sinus dan cosinus pada siswa sekolah menengah atas. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) untuk menghasilkan sebuah produk. Subjek penelitian ini berjumlah 28 siswa kelas X IPS 2 SMA N 1 Sapuran tahun pelajaran 2021/2022.Hasil analisis data kevalidan oleh ahli media diperoleh skor 3,5 dinyatakan sangat valid dan diperoleh skor 3,18 yang dinyatakan valid oleh ahli materi. Dari analisis data kepraktisan berdasarkan angket respon siswa diperoleh skor 3,21 yang dikategorikan praktis. Untuk hasil keefektifan dengan uji N-Gain diperoleh 0,6983 dengan kategori sedang. Hasil belajar matematika setelah menggunakan media pembelajaran flipbook berbasis masalah mengalami peningkatan. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa media flipbook berbasis masalah masuk dalam kriteria valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The aims of this journal are to publish research in mathematics education innovations including: teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, experimental research, classroom action research, ...