Jurnal Edukasi Sumba (JES)
Vol. 6 No. 2 (2022)

Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekola Dasar

Nasarti Nona Ina (STKIP Weetebula)
Daindo Milla (STKIP Weetebula)
Imakulata Magi Loda (STKIP Weetebula)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Poma pada materi pembelajaran IPA cara tubuh mengolah udara bersih. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quazi Eksperiment Design jenis Non-Eqiuvalent Control Group Design ini merupakan metode yang memberikan pre-test terlebih dahulu tanpa memilih secara random baik kelas kontrol maupun kelas eksperimen sehingga hasil perlakuan dapat diketahui lebih akurat. Subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas V SDN Poma. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes yang dianalisis menggunakan program komputer SPSS for windows 20. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisis data diperoleh nilai 8,390 > ttabel 2,021 menunjukkan bahwa media audio visual berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Poma pada Materi IPA Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih. Berdasarkan hasil pembahasan keseluruhan dapat disimpulkan bahwa media audio visual berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Poma dengan nilai sig 0,000 < 0,05 sebagaimana dasar pengambilan keputusan hipotesis dikatakan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak dan menyatakan adanya pengaruh antara variabel independen (X) terhadap variabel dependen (Y) yang diteliti.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jes

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Edukasi Sumba (JES) merupakan jurnal ilmiah yang mulai diterbitkan pada tahun 2017 dan menerbitkan artikel ilmiah hasil penelitian di bidang pendidikan secara umum yang mencakup Penelitian Tindakan Kelas (PTK), pengembangan model dan teknologi pembelajaran, analisis pendidikan baik pada ...