Journal of Gurutta Education
Vol. 2 No. 2 (2023): Journal of Gurutta Education (JGE)

Aspek-Aspek Pendidikan Sosial dalam Q.S Al Nur Ayat 4-19

Nafisah (Unknown)
Bunyamin, Andi (Unknown)
Pilo, Nashiruddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2023

Abstract

Maraknya fenomena hoax, ujaran kebencian (hate speech), perang argumen (twit war), perundungan (bullying), telah menimbulkan polarisasi yang tidak sehat yang dapat mengancam keutuhan bangsa. Oleh sebab itulah, pendidikan sosial kemasyarakatan sudah selaykanya mengejawantah menjadi panduan dalam menyelesaikan persoalan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang melakukan studi kepustakaan terhadap Q.S Al Nur ayat 4-19 yang memuat peristiwa sejarah yang erat kaitannya dengan fenomena yang dipaparkan di atas. Ayat demi ayat dikaji dengan menelaah penafsiran yang telah ada, kemudian memadukannya dengan pendapat-pendapat ahli pendidikan atau teori-teori pendidikan sosial sehingga tujuan penelitian ini; untuk mendapatkan aspek-aspek pendidikan sosial dalam ayat-ayat tersebut. hasil penelitian sebagai berikut. Aspek-aspek pendidikan sosial yang ditemukan dalam Q.S. al Nur ayat 4-19 adalah adanya unsur-unsur pendidikan yakni, pertama Allah sebagai pendidik yang memiliki sifat alim dan hakim. Kedua, Metode pendidikan targhib dan tarhib yang dimplementasikan dalam bentuk iqab (hukuman) dan tsawab (pahala) juga metode nasehat. Ketiga, nilai-nilai pendidikan yang ditemukan adalah nilai restorasi sosial, nilai tanggung jawab dan nilai kehati-hatian dalam menerima dan menyebarkan berita.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jge

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Other

Description

Gurutta of Education: Journal of Islamic Religious Education Studies and Islamic Education Issues (e-ISSN: 2829-6737) It is published twice a year in June and December. The Journal of Islamic Religious Education is published by the Masters Study Program of Islamic Religious Education Postgraduate ...